PW GP ANSOR JATIM GELAR HAUL GUS DUR DAN DISKUSI AKHIR TAHUN 2020

Di penghujung tahun 2020, ada momentum yang sulit dilupakan bagi kita sebagai anak bangsa, yaitu peringatan Haul Gus Dur dan Refleksi Akhir tahun 2020. Peringatan Haul Gus Dur adalah momentum berdoa, sekaligus mengingat kembali apa yang pernah dilakukan beliau sepanjang hidupnya. Gus Dur walaupun sudah meninggalkan kita semua, tapi jasa-jasa dan spiritnya cukup besar dan sangat bermanfaat dalam konteks kemajemukan bangsa ini. Nilai-nilai kemanusiaan yang diwariskan mampu memantik keharmonisan umat dari ragam suku, agama dan ras.

Semangat ini yang kemudian, PW GP Ansor mamandang penting mengadakan Haul KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur), sekaligus Refleksi Akhir Tahun dalam ranah diskusi. Melalui Divisi Kajian dan Pemikiran Keislaman, acara ini digelar walau dalam kondisi pandemi Covid 19. Dengan begitu, panitia dengan tegas membatasi kehadiran peserta sebab kegiatan ini juga disiarkan langsung secara virtual melalui media dan cannel PW GP Ansor Jatim.

Beberapa peserta sudah mengkonfirmasi hadir kepada panitia, misalnya kader-kader GP Ansor terdekat, baik cabang maupun pimpinan wilayah, serta para simpatisan yang aktif mengikuti diskusi-diskusi publik yang diadakan PW GP. Ansor Jatim. Bahkan, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa akan hadir secara virtual untuk membaca sholawat  mahalul Qiyam bersama MDS Rijalul Ansor, dan sambutan akhir tahun, sekaligus sambutan refleksi Haul Gus Dur dalam konteks peran milenial dalam berbangsa.

Sementara itu, pemantik diskusi akan diisi oleh Gus Ahmad Dhofir Zuhri, intelektual muda NU dan Pengasuh Pesantren Luhur Baitul Hikmah Malang dengan ulasan berkisar pada tema: Membumikan Humanisme Gus Dur dalam Bingkai Keragaman Bangsa, yang dipandu oleh moderator Budi Harianto, pengurus PW GP Ansor Jatim dan Dosen IAIN Tulungagung. Acara dilaksanakan, pukul 19.00-selesai di ruang Salsabilah PW NU Jatim dengan tetap secara ketat memperhatikan protokol kesehatan.

Kita berharap momentum Haul Gus Dur ke-XI dan Diskusi akhir tahun ini akan menguatkan kembali spirit kita semua, khususnya kalangan muda dan millenial, untuk tetap bergerak dalam semangat toleransi dan moderasi, sekaligus menolak keras narasi-narasi kebencian, hoax dan hal lain yang memicu konflik antar umat, tegas Gus Syafiq, ketua PW GP Ansor Jatim. Selebihnya semoga kita semua diberi kekuatan dan kesehatan. amin..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.